Ini Kekhawatiran Bill Gates Tentang Bitcoin Yang Menjadi Kenyataan

Kekhawatiran Bill Gates tentang Bitcoin

Dalam beberapa bulan terakhir ketertarikan masyarakat kepada Bitcoin dan uang kripto meningkat. Hal ini ditunjukkan dengan harga cryptocurrency yang terus menguat.

Bertambahnya ketertarikan masyarakat pada aset kripto membuat pendiri Microsoft, Bill Gates khawatir. Orang terkaya dunia ini cemas perihal daya yang dihabiskan untuk menghasilkan cryptocurrency.

Untuk menambang Bitcoin atau uang kripto lainnya memerlukan komputer dengan spesifikasi tinggi dan menghabiskan banyak listrik. Hal ini memperburuk efek perubahan iklim.

“Bitcoin menggunakan lebih banyak listrik ketimbang metode lain yang diketahui umat manusia,” ujar Bill Gates seperti dikutip dari CNBC Indonesia hari Rabu 21 April 2021.

Tak cuma itu, bahkan dia pernah mengatakan Bitcoin dapat menyebabkan kematian. Bitcoin kadang dipakai untuk transaksi narkoba.

Selain itu, anonimitas mata uang kripto bisa saja dimanfaatkan teroris dan pencucian uang.

Pencucian uang lewat Bitcoin
Ilustrasi Pencucian uang lewat Bitcoin

Hal tesebut rupanya benar-benar terjadi di Indonesia. Kejaksaan Agung, menduga ada pencucian uang melalui Bitcoin pada kasus korupsi PT Asabri (Perseroan).

Rupanya perbuatan ilegal itu memang mungkin dijalankan melalui mata uang kripto

Sebab tak ada peran dari pemerintah, Bitcoin Cs lepas dari pengawasan dan alhasil\ dapat bergerak bebas.

Bitcoin dan aset kripto bisa saja dipakai untuk transaksi ilegal dan tindak pidana pencucian uang. Salah satu sebabnya pengguna dapat bertransaksi tanpa membongkar identitas aslinya atau anonim.

Referensi:

  • https://teknologi.id/sosok/kekhawatiran-bill-gates-terkait-bitcoin-menjadi-kenyataan (diakses 22 April 2021)
Bagikan Artikel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *